11 Tempat Wisata Klaten yang Paling Hits dan Terbaru

11 Tempat Wisata Klaten yang Paling Hits dan Terbaru

Klaten merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang potensi wisata apa saja yang ada di Klaten.padahal, kota kecil yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Klaten

Deretan pegunungan yang mendominasinya, tak heran jika Klaten memiliki pesona alam yang begitu menakjubkan. Nah jika anda berminat mengunjungi Kota Klaten, berikut ini beberapa rekomendasi wisata Klaten yang dapat anda kunjungi.

1. Candi Prambanan

11 Tempat Wisata Klaten yang Paling Hits dan Terbaru

Siapa yang tidak mengenal Candi Prambanan? Objek wisata yang hits ini cukup populer, tak hanya oleh wisatawan lokal namun juga wisatawan asing.

Candi Prambanan masuk ke dalam salah satu candi termegah yang ada di Asia Tenggara dan sudah menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan UNESCO. Sehingga saat anda sedang mengunjungi Klaten, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Candi Prambanan.

Lokasi candi prambanan ini memang cukup unik, karena Candi Prambanan sendiri berada di Desa Bokoharjo, Sleman, akan tetapi pintu masuk objek wisata ini berada di Desa Tlogo, Prambanan. Jika anda berkeinginan mengunjungi Candi Prambanan ini, anda harus membayar tiket masuk Rp 30.000/orang dan untuk parkir mulai dari Rp 10.000-Rp 15.000.

2. Candi Sewu

11 Tempat Wisata Klaten yang Paling Hits dan Terbaru

Masih berada di dalam kawasan Candi Prambanan, anda juga dapat singgah sebentar untuk menikmati keindahan Candi Sewu. Candi Sewu dibangun pada abad ke-8 oleh Raja Mataram Rakai Panangkaran.

Namun setelah dilakukan pemugaran, candi ini dijadikan sebagai hadiah oleh Rakai Pikatan untuk sang istri. Wisata Klaten ini begitu menawan dengan gaya arsitektunya yang khas pencampuran antara Budha dan Hindu.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Kebumen yang Dapat Anda Kunjungi

Untuk bisa masuk ke wisata Candi Sewu ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang saja. Jam buka wisata ini mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore yang dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

3. Deles Indah

11 Tempat Wisata Klaten yang Paling Hits dan Terbaru

Berada di kaki gunung Merapi, wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan mengangumkan. Disini anda tak hanya dapat menyaksikan kemegahan dari Gunung Merapi, namun juga pemandangan lainnya yang begitu indah yang tidak kalah menarik, seperti Rawa Jombor serta pabrik gula yang begitu tersohor yaitu Gondang Baru dan Ceper Baru.

Selain wisata alam, objek wisata klaten ini juga menawarkan wisata yang penuh nilai sejarah seperti makam Kyai Mlayopati dan tempat bertapa Sunan Pakubuwana X.

Anda juga bisa menemukan wisata goa Sapuangin dan wisata air Sendang kali reno yang tidak kalah menariknya. Objek wisata ini buka setiap harinya, mulai jam 6 pagi hingga 4 sore. Untuk tiket masuk cukup murah, anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 2.000 saja.

4. Umbul Ponggok

11 Tempat Wisata Klaten yang Paling Hits dan Terbaru

Wisata hits di Klaten ini rasanya sudah menjadi ikon wisata dari Kabupaten tersebut. Umbul Ponggok ini sebenarnta adalah kolam air tawar yang begitu jernih dan segar untuk dinikmati.

Air yang ada di kolam ini berasal dari sumber mata air asli serta dipenuhi dengan banyaknya ikan-ikan yang cantik. Dan yang membuat wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi adalah, banyaknya spot-spot foto yang unik yang ada di dalam kolam renang, sehingga jangan sampai lupa mengabadikan momen-momen untuk berfoto di bawah air.

Selain itu, karea kolam ini tidak terlalu dalam, banyak pengunjung yang juga memanfaatkan Umbul Ponggok sebagai sarana untuk berlatih diving. Lokasi wisata ini berada di Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Aksesnya cukup mudah yang dapat anda tempuh dengan motor atau mobil. Untuk tiket masuknya sendiri juga sangat terjangkau, hanya Rp 5.000/orang saja.

5. Air Terjun Luweng Sampang

Wisata air terjun Klaten ini menyuguhkan keindaan air terjun yang mengalir dari balik tebing bebatuan. Wisata Air Terjun Luweng Sampang ini berada di Desa Jogoprayan, Kec. Gantiwarno, Klaten.

Banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai Grand Canyon-Klaten karena memang pesona alamnya yang begitu indah. Air terjun ini memang masih tergolong wisata baru karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Karena itulah, jika anda ingin berkunjung ke air terjun ini, anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Apalagi wisata ini tidak memiliki jam buka-tutup, sehingga anda bisa bebas berkunjung kapanpun anda inginkan. Namun akan lebih baik untuk tidak berkunjung terlalu malam, hal ini bisa saja beresiko untuk keselamatan anda. Untuk rute menuju Air Terjun Luweng Sampang ini, anda bisa melalui rute Yogyakarta-Solo dan arahkan menuju Candi Prambanan. Setelah itu ikuti petunjuk menuju Gantiwarno dan kemudian anda dapat menuju Desa Jogoprayan.

6. Waduk Rowo Jombor

Sebenarnya, waduk rowo jombor sama seperti waduk-waduk pada umumnya. Akan tetapi pemandangan alam yang ditawarkan begitu indah, terutama ketika menjelang matahari terbenam.

Anda bisa melihat pemandangan sunset yang sangat mempesona yang membuat anda tidak akan beranjak dari tempat anda. Waduk ini berada di Desa Krakitan, Bayat, kurang lebih sekitar 8 km saja dari pusat Kota. Sehingga aksesnya tidak sulit untuk ditempuh.

Airnya sangat tenang dengan kondisi pohon yang mengeliling waduk membuat suasana semakin rindang. Ditambah lagi dengan pemandangan gunung kidul yang terlihat dari kejauhan, membuat tempat ini semakin eksotis. Anda bisa mencoba duduk santai sambil melihat pemandangan di rumah-rumah kecil beratap jerami yang ada di sekitaran waduk.

Selain menikmati matahari terbenam, anda juga dapat memancing hingga menikmati kelezatan ikan bakar yang ditawarkan di rumah makan terapung. Di setiap akhir pekan, wisata ini juga menyuguhkan performance live music yang dapat menemani waktu bersantai bersama keluarga. Tempat ini buka setiap harinya 24 jam dan tidak membebankan biaya masuk sepeserpun.

7. Candi Plaosan

Candi Plaosan menjadi wisata sejarah lainnya yang cukup hits yang dapat anda kunjungi di Klaten. Candi ini merupakan peninggalan dari 2 budaya, yaitu Hindu dan Buddha. Candi ini menjadi bukti cinta dari rakai Pikatan kepada sang pujaan hati yaitu Pramodharwardhani.

Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Prambanan yang dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena belum tersedia transportasi umum yang menuju Candi Plaosan.

Candi plaosn terbagi 2 yaitu Plaosan Lord an Plaosan Kidul yang hanya dipisahkan jalanan setapakn. Untuk bisa menikmati pemandangan dari keindahan candi ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000 saja. Cukup murah bukan?

8. Ladang Ilalang Troketon

Meski hanya sekedar ladang ilalang saja, wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat mengagumkan. Destinasi wisata ini memang sedang hits, baik masyarakat setempat hingga wisatawan lokal dari daerah lainnya berkunjung ke tempat ini.

Suasana alam yang masih asri ditambah lagi nuansanya yang romantis, tak heran jika banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto prewedding.

Untuk menuju lokasi wisata, anda hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari pusat kota Klaten. Meskipun tidak ada tiket masuk serta jam operasional, namun tetap saja anda tidak bisa mendatangi tempat ini sesuka hati.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Garut Sebagai Tujuan Liburan

Biasanya ladang ilalang ini akan sangat ramai dari pagi hingga sore hari. Akan lebih baik untuk tidak datang saat malam hari karena memang belum ada fasilitas penerangan yang membuatnya suasananya gelap gulita.

9. Wisata Cokro Tulung

Wisata air lainnya yang dapat anda kunjungi saat di Klaten adalah Wisata Cokro Tulung atau yang dikenal sebagai Objek Wisata Mata Air Cakra (OMAC). Wisata air ini memiliki luas hingga mencapai 10 hektar yang dapat anda temukan di Desa Cokro, Kec. Tulung, Klaten.

Yang membuat tempat wisata ini special tidak hanya karena airnya yang begitu segar, namun juga masih jernih karena langsung berasal dari mata air Cakra.

Selain itu, objek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas dan wahana yang lengkap mulai dari jembatan goyang, flying fox, waterboom, kolam arus, dan masih banyak lainnya. jika anda mencari wisata yang seru namun tetap membuat rileks, anda bisa berkunjung ke wisata Cokro Tulung ini. Wisata yang buka setiap hari dari 07.00-17.00 ini dapat anda nikmati dengan tiket masuk sebesar Rp 10.500 saja.

10. River Boarding Kali Pusur

Bagi anda yang menyukai wahana yang dapat memciu adrenalin, maka wisata ini sangat wajib untuk anda kunjungi. Objek wisata ini sangat menyenangkan serta layak dicoba.

Ada 3 desa yang dapat dilalui saat anda melakukan river boarding di kali pusur ini. Untuk panjang rutenya sendiri mencapai 10 km yang menawarkan tantangan tersendiri yang bervariasi dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya.

Sensasi arus sungai yang pelan hingga jeram tentu akan menjadi pengalaman yang seru yang tidak pernah anda lupakan. Meskipun cukup menantang, anda tak perlu khawatir akan keselamatan anda. hal ini karena selama aktivitas river boarding, anda akan ditemani 2 operator yang akan mendampingii selama anda beraktivitas di Sungai.

Lokasi wisata ini juga tidak begitu jauh dari wisata Cokro Tulung sehingga aksesnya juga akan sangat mudah. Bagi anda yang ingin mencoba wahana seru ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 150.000/orang. Harga ini sudah termasuk dengan semua perlengkapan untuk melakukan river boarding.

11. Curug Indah Tegalrejo

Jika dilihat secara administrative, lokasi curug indah tegalrejo ini berada di Tegalrejo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Akan tetapi kebanyakan masyarakat setempat menyebutnya sebagai Curug Bayar karena berbatasan dengan Bayat, Klaten.

Akses menuju lokasi wisata ini memang akan lebih cepat jika anda melewati kota Klaten dibandingkan dari Yogyakarta. Wisata air ini memang masih jarang dikunjungi, sehingga anda bisa melihat suasana alamnya yang masih sangat asri.

Jika anda meyukai tantangan, anda bisa mencoba untuk terjun dari atas tebing ke kolam bawah. Namun tetap hati-hati, karena curug ini agak dangkal. Disini anda tidak dikenakan biaya sepeser pun, anda hanya dikenakan biaya parkir saja.

Nah itu tadi beberapa Tempa wisata Klaten dapat anda kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi liburan untuk anda dan keluarga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*