11 Tempat Wisata Magelang dan Harga Tiket Masuknya

11 Tempat Wisata Magelang dan Harga Tiket Masuknya

Tempat Wisata Magelang – Magelang merupakan salah satu Kabupaten yang di Jawa Tengah. Kota ini dikelilingi 5 gunung yaitu gunung Telomoyo, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Andong.

Daftar Tempat Wisata Magelang

Letak geografisnya yang dikelilingi kawasan pegunungan membuat kota Magelang memiliki berbagai tempat wisata dengan pesona alam yang begitu indah dan mempesona. Mulai dari pegunungan, gardu pandang, candi-candi, air terjun, dan beragam wisata lainnya dapat dikunjungi. Lokasi kota Magelang tidak terlalu jauh dari Yogyakarta.

Jadi tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Nah bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Magelang, anda bisa mencoba mengunjungi daftar tempat wisata Magelang di bawah ini.

1. Candi Borobudur

11 Tempat Wisata Magelang dan Harga Tiket Masuknya

Berkunjung ke kota magelang tak akan lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Candi Borobudur. Bahkan kepopuleran wisata ini hingga menarik perhatian banyak wisatawan asing. Candi Borobudur merupakan candi agama Budha terbesar se asia tenggara.

Bangunan ini sudah dibangun pada abad ke-14 dan terdiri dari 2.672 relief, 504 arca, serta 72 stupa berlubang. Kemegahan dari Candi Borobudur benar-benar terlihat dari bebatuan yang disusun hingga sedemikian rupa. Nilai sejarah yang ada di Candi Borobudur pun sudah tercatat sebagai salah satu warisan dunia dalam UNESCO World Heritage Site.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Menarik di Garut

Untuk akses menuju lokasi wisata memang terbilang mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Sudah banyak petunjuk jalan yang akan membawa anda menuju lokasi Candi Borobudur. Candi Borobudur ini buka pada pukul 6 pagi hingga 5 sore, untuk harga tiketnya sendiri sebesar 30 ribu rupiah (dewasa) dan 12.500 rupiah (anak-anak).

2. Punthuk Setumbu

11 Tempat Wisata Magelang dan Harga Tiket Masuknya

Lokasinya tidak jauh dari Borobudur, objek wisata ini cukup populer akhir-akhir ini karena kemunculannya dalam film AADC 2. Bukit yang memiliki ketinggian 400 mdpl ini menawarkan pemandangan yang begitu mempesona dari semburat sinar merah matahari dengan latar belakang candi Borobudur yang tampak megah. Tak heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi saat matahari terbit maupun matahari terbenam.

Dan tak hanya itu saja, wisata ini juga memiliki beberapa sarana penunjang seperti rumah pohon maupun spot-spot foto yang instagramable. Semua keindahan ini dapat anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk 15 ribu rupiah saja untuk pengunjung lokal dan 30 ribu rupiah untuk wisatawan asing.

Lokasi wisata ini berada di Desa Karang rejo, untuk aksesnya sudah cukup mudah dan bisa anda lalui menggunakan kendaraann pribadi. Namun bagi pengunjung yang ingin menuju wisata Punthuk Setumbuh, diharuskan untuk berjalan kaki untuk bisa sampai ke puncak.

3. Gereja Ayam

11 Tempat Wisata Magelang dan Harga Tiket Masuknya

Sama seperti wisata sebelumnya,objek wisata ini juga akhir-akhir populer berkat kemunculannya dalam film AADC2. Geraja dengan bentuk unik ini sudah dibuka untuk umum, dan salah satu spot yang paling populer adalah pada bagian puncak bangunan.

Disini anda bisa menikmati pemandangan momen matahari terbit dan terbenam yang begitu mempesona dan romantis. Dan tak hanya itu saja, anda juga dapat mengabadikan momen-momen special dengan lata belakang bangunan yang berbentuk menarik ini.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 15 ribu rupiah untuk domestic dan 30 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Selain itu, anda juga perlu untuk menambah biaya parkir sekitar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

4. Bukit Grenden

Objek wisata yang ada di Magelang ini tentunya tak boleh dilewatkan. Wisata kekinian yang satu ini menawarkan berbagai macam spot-spot foto yang instagramable, mulai dari hutan pinus, flying fox, rumah kurcaci, serta gardu pandang yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset.

Destinasi wisata Magelang yang satu ini berada di ketinggian 1600 mdpl yang dapat anda nikmati hanya dengan membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah dan 12 ribu rupiah untuk di hari minggu atau libur.

Namun pengunjung harus menambah biaya lainnya ketika ingin bermain wahana-wahana tertentu seperti fling fox. Untuk akses menuju lokasi wisata, anda bisa menggunakan rute dari Ketep Pass menuju Salatiga, sesampainya disana anda akan menemukan papan penunjuk jalan.

Anda hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut hingga tiba di daerah Pakis-Ngablak yang merupakan lokasi dari Bukit Grenden ini.

5. Ketep Pass

Area wisata ini merupakan wisata kegunungapian Merapi yang mana tak hanya dapat berfungsi sebagai wahana rekreasi saja, namun juga sebagai wisata edukasi dan penelitian. Ketep Pass berada di area yang luasnya skeitar 8000 m2 dan memiliki banyak sekali fasilitas serta wahana-wahana rekreasi lainnya mulai dari Volcano Theater, Gazebo, dan Volcano Theater.

Di Volcaone Center, pengunjung dapat belajar dan mengenal lebih jauh mengenai Gunung Api. Ada banyak hal yang dapat dilihat, seperti miniature gnung, bebatuan dari letusan gunung merapi, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu saja, anda juga dapat menyewa teropong yang digunakan untuk melihat detail dari panorama alam pegunungan. Sedangkan di volcano theater, pengunjung dapat menyaksikan film documenter yang berhubungan dengan kegunung apian, termasuk dokumentasimengenai erupsi dan letusan yang terjadi di Gunung Merapi.

Baca Juga :Daftar Tempat Wisata Kebumen 2019

Untuk menikmatinya, anda hanya perlu membayar tiket tambahan sebesar Rp 7.500 untuk ke Volcano Center dan Rp 7.000 untuk ke Volcano Theater. Untuk tiket secara umum dikenakan biaya Rp 5.000 saja. Dengan tiket tersebut anda sudah bisa menikmati pemandangan di kaki Gunung pada ketinggian 1200 mpdl.

6. Taman Wisata Kyai Langgeng Magelang

Taman wisata ini berada di Jl. Cempaka, Kec. Kemirirejo, Magelang, tepatnya berada di tengah-tengah kota Magelang. Taman kyai ini menjadi lokasi wisata yang cukup ramai dikunjungi, baik di hari biasa maupun libur nasional. Jaraknya hanya sekitar 1,8 kilometer dari alun-alun.

Mulai dari balita hingga orang tua sekalipun dapat menikmati wisata ini. untuk informasi mengenai harga tiket terbaru taman wisata Kyai Langgeng ini adalah Rp 24.000/orang untuk hari Senin-Jumat, untuk hari Sabtu, Minggu serta Libur Nasional adalah Rp 30.000/orang, dan khusus libur Lebaran, Natal, dan tahun Baru adalah Rp 35.000/orang.

Ada banyak wahana-wahana gratis yang tersedia dan dapat dinikmati di tempat ini seperti teater 6 dimensi, komedi putar, komedi laying, bianglala, sepur mini, kereta air, becak air, becak mini, mobil keliling, dan masih banyak lainnya.

7. Rumah Kamera

Sesuai dengan namanya, wisata ini memiliki bentuk bangunan yang menyerupai seperti kamera DSLR namun dengan ukurannya yang sangat besar.

Pemilik bangunan wisata ini adalah bapak Tanggol Angjen Jatikusumo yang akrab disapa Pak Tanggol. Pelukis asal Semarang ini memang begitu menyukai kamera dan kemudian memiliki iede untuk membangun rumah yang berbentuk speerti kamera. Bangunan yang unik, tempat ini menarik perhatian dari banyak masyarakat.

Saat ini hampir setiap hari, rumah kamera banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disini pengunjung dapat menyaksikan lukisan-lukisan yang memang karya dari Bapak Tanggol. Setelah puas melihat lukisan, anda bisa menuju puncak bangunan dimana anda bisa melihat pemandangan di sekitar desa dengan sangat jelas. Untuk harga tiket masuknya sendiri yaitu 5000/orang. Wisata ini berada di Jalan Majaksingi, Kec. Borobudur, Magelang.

8. Curug Silawe

Curug silawe merupakan air terjun yang ada di Magelang dengan ketinggian yang mencapai 60 m. Disebut Curug Silawe dikarenakan bentuk air terjun ini yang menyerupai Lawe atau sarang laba-laba. Di bagian bawah, anda bisa menemukan kolam kecil yang terbentuk karena hempasan air terjun tersebut.

Kolam kecil ini termasuk aman dan tidak dalam, sehingga pengunjung bebas bermain air di tempat tersebut. Untuk dapat menikmati keindahan alam di Curug Silawe ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 2.000 saja. Cukup murah bukan? Jika anda tertarik mengunjungi wisata ini, anda bisa datang ke dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kec. Kajoran, Kab.Magelang.

9. Candi Umbul

Magelang juga memiliki wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Candi Umbul. Objek wisata ini sebenarnya merupakan pemandian air panas yang sudah dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Kata “umbul” sendiri merupakana bahasa jawa yang memiliki arti naik. Hal ini dikarenakan sumber air pada pemandian air panas ini selalu muncul dengan disertai gelembung-gelembung dari dasar kolam. Kolam pemandian ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu yang pertama adalah kolam dengan berisikan sumber mata air panas yang memiliki kandungan belerang. Sedangkan untuk kolam kedua, tepat berada di samping kolam pertama yang merupakan kolam air biasa.

Pada jaman dahulu, pemandian ini menjadi kolam pemandian untuk bangsawan. Namun kini masyarakat biasa pun juga bisa menikmati kesegaran dari pemandian kolam renang air panas ini. jika anda tertarik mengunjungi wisata ini, anda bisa datang di Desa Kartoharjo, Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah.

10. Pecinan Magelang

Sebenarnya kawasan pecinan Magelang ini merupakan sebuah jalan, yaitu Jalan Pemuda. Kawasan Pecinan ini seringkali disebut sebagai Malioboro yang ada di Magelang. Kawasan ini sebenarnya adalah pusat perbelanjaan yang ada di Magelang, anda bisa melihat dari banyaknya toko-toko, minimarket, hingga restoran yang berjejeran di sepanjang Jalan pemuda. Kawasan ini disebut pecinan dikarenakan mayoritas penduduknya merupakan orang Tionghoa.

Disini anda bisa menemukan banyak barang-barang yang da[at dibeli mulai dari pakaian, kuliner, elektronik, dan masih banyak lainnya. kawasan ini bisa gratis anda kunjungi tanpa dipungut biaya sepeser pun.

11. Gunung Andong

Magelang tak pernah kehabisan tentang wisata pegunungan, salah satunya yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Gunung Andong. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1,762 mdpl. Saat anda mencapai puncaknya, anda bisa melihat bagaimana indahnya pemandangan kota Magelang, Salatiga, hingga Ambarawa.

Namun yang lebih menarik adalah anda juga bsia menyaksikan kemegahan dari Gunung Merapi,Sumbing, dan Sindoro. Bagi anda yang masih pemula, lokasi gunung Andong memang cukup cocok untuk dijadikan latihan pendakian.

Hal ini dikarenakan waktu tempuh yang dibutuhkan sampai puncak hanya skeitar 2 jam saja. Untuk menuju ke basecamp pendakian, anda dapat menyewa kendaraan atau menaiki ojek. Basecamp pendakian ini berada di Dusun Sawit, Kec. Ngablak

Sesampainya di basecamp, anda dapat langsung melakukan regristasi dengan membayra tiket masuk Rp 3.000/orang. Selain itu biaya tambahan untuk parkir adalah Rp 3.000/motor dan penitipan helm Rp 1.000/helm. Gunung yang memiliki bentuk bertipe perisai ini berada di 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Grabag dan kecamatan Ngablak.

Selain daftar tempat wisata yang ada di atas, sebenar Magelah masih punya puluhan destinasi wisata lainnya, namun setidaknya informasi ini dapat menjadi rejukan bagi Anda yang akan berkunjung ke Magelang.

Nah itu tadi Daftar Tempat Wisata Magelang yang bisa anda kunjungi untuk mengisi hari liburan anda. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*