Menikmati Pemandangan Menakjubkan di Bawah Goa di Pangandaran

Menikmati Pemandangan Menakjubkan di Bawah Goa di Pangandaran

Goa di Pangandaran bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata yang menarik selain pantai. Saat musim-musim tertentu, mungkin destinasi pantai di Pangandaran tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena faktor keselamatan. Nah, saat itulah Anda bisa berkunjung ke destinasi goa yang juga cukup banyak di Pangandaran.

Goa di Pangandaran yang Menjadi Destinasi Wisata Alternatif Terbaik

 

Objek wisata alam goa merupakan objek wisata yang banyak diminati terutama oleh para traveler yang ingin mencari sensasi wisata yang berbeda. Goa yang merupakan salah satu kenampakan alam ini terbentuk secara alami karena faktor alam.

Goa ini berbentuk lorong atau lubang besar yang terbentuk akibat fenomena alam. Fenomena alam itu bisa berupa letusan gunung berapi, abrasi atau terpaan ombak, atau goa yang terbentuk karena aktivitas air yang melarutkan batuan kapur.

Nah, di daerah Pangandaran yang tergolong kawasan pantai juga bisa ditemukan goa dengan mudah. Goa yang ditemukan ini juga bermacam-macam mulai dari goa yang terbentuk karena aktivitas gelombang laut, maupun goa yang terjadi karena aktivitas air.

Bentuknya yang menakjubkan dengan pemandangan eksotis menjadikan beberapa goa di Pangandaran dijadikan sebagai destinasi wisata. Berikut ini adalah beberapa goa di kawasan Pangandaran dengan daya tarik dan pesona yang menarik, kami rangkum dari salah satu media online lokal Pangandaran;

Goa Kaca

Kawasan pesisir pantai di Pangandaran yang termasuk dalam kategori wilayah pantai banyak ditemukan goa-goa dengan daya tarik yang unik dan menakjubkan. Salah satu goa di Pangandaran yang tak pernah sepi pengunjung yang ingin melihat keindahan di dalamnya itu adalah goa Kaca.

Daya tarik dari goa Kaca adalah motif bebatuan yang terdapat di dalamnya sangat mirip dengan kaca. Karena itu jugalah masyarakat sekitar kemudian menyebut goa ini sebagai Goa Kaca. Belum lagi dengan adanya air mengalir di bawah goa yang menjadikannya semakin menakjubkan.

Tak hanya goanya yang menawarkan daya tarik dan pemandangan di dalam goa saja, goa Kaca juga menawarkan pemandangan dari luar yang tak kalah mempesona. Dengan sedikit berjalan kaki tak jauh dari goa, Anda akan menemukan sebuah bukit dengan kemiringan hingga 45 derajat. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat pemandangan Pangandaran secara keseluruhan.

Goa Surupan

Tak jauh dark Goa Kaca, satu lagi goa di Pangandaran yang sedang ramai dibicarakan wisatawan adalah Goa Surupan. Keduanya sama-sama berada di desa Pasir Kored Pangandaran. Berbeda dengan Goa Kaca, Goa Surupan ini bahkan diklaim sebagai goa terpanjang di Pangandaran dengan panjang mencapai 1km.

Dengan panjang ini, pengunjung bisa menelusuri goa ini dalam waktu 90 menit. Selain panjangnya, goa yang memiliki kedalaman 75m ini juga menawarkan daya tarik lain berupa pemandangan di dalam gua yang tak kalah menakjubkan.

Di dalam goa pengunjung bisa menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit yang berukuran raksasa. Tak berhenti sampai disitu saja, pengunjung yang menelusuri goa Surupan ini juga akan disajikan jernihnya air sungai dalam goa yang mengalir di sepanjang perjalanan.

Pengunjung juga akan disajikan pemandangan dari kawanan kelelawar yang membangun sarang di dalam goa ini. Semua daya tarik yang ditawarkan dari perjalanan menyusuri goa ini dijamin akrab memberikan pengalaman wisata yang luar biasa dan tak terlupakan.

Goa Batu Bolong (Karang Bolong)

Jika goa-goa sebelumnya menawarkan pemandangan dalam goa yang menakjubkan, berbeda dengan goa satu ini. Goa yang dikenal dengan nama karang Bolong atau Batu Bolong ini tidak terletak di bawah permukaan tanah, melainkan di tengah laut.

Ya, goa ini berada di tengah laut yang terbentuk dari batu karang besar dengan lubang atau bolong di bagian tengahnya. Karena itulah karang ini disebut dengan goa karang Bolong. Goa Karang Bolong ini juga menjadi salah satu goa di Pangandaran yang selalu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Anda bisa menikmati pemandangan goa ini dari pinggir pantai. Namun jika Anda datang di waktu yang tepat, seperti misalnya saat air laut sedang surut, Anda akan beruntung karena bisa melewati bagian tengah karang yang bolong dengan menggunakan perahu.

Karena letaknya yang berada di tengah laut, ketika mengunjungi destinasi ini Anda akan menikmati dua destinasi sekaligus, yaitu laut pangandaran dengan ombak dan pantai dengan pasir putihnya yang lembut serta pemandangan menakjubkan dari karang bolong atau goa batu bolong ini yang tidak akan bisa Anda temukan di daerah lain.

Goa Panggung

Satu lagi objek wisata goa yang bisa Anda kunjungi di Pangandaran adalah Goa Panggung. Goa ini terletak di kawasan Pangandaran ini selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan juga menyimpan berbagi kisah yang melegenda.

Disebut sebagai gua panggung karena pada salah satu sisi goa terdapat area berbentuk seperti panggung yang pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat beribadah oleh para wali.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan

Terlepas dari kisah dan legenda di baliknya, goa-goa yang ada di kawasan Pangandaran ini memang menawarkan pemandangan dan daya tarik yang luar biasa. Maka jika Anda ingin mencari pengalaman berlibur yang berbeda, berkunjung ke salah satu goa di Pangandaran tersebut bisa jadi rekomendasi terbaik.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*