12 Tempat Wisata Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan

12 Tempat Wisata Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan

Tempat Wisata Kebumen – Kebumen merupakan salah satu daerah yang masuk dalam kawasan Provinsi Jawa Tengah. Meskipun termasuk daerah yang tidak terlalu luas, namun potensi wisata yang ada di kebumen tentu tidak mengecewakan.

Bagian selatan Kebumen merupakan dataran rendah, sedangkan di bagian utara adalah perbukitan dan pegunungan. Sehingga anda bisa membayangkan sendiri bagaimana pesona alam yang disuguhkan di Kota Kebumen ini.

Daftar Tempat Wisata Kebumen Jawa Tengah

Meskipun objek wisata di Kebumen memang tidak sepopuler daerah-daerah lainnya. Akan tetapi ada banyak tempat wisata menarik yang sayang sekali jika dilewatkan saat anda berada di Kebumen. Berikut 12 Tempat wisata di Kebumen yang dapat Anda kunjungi.

1. Pantai Menganti

Pantai menganti menjadi salah satu wisata di Kebumen yang tidak boleh terlewatkan saat anda sedang berkunjung ke kota ini. Pantai Menganti tak hanya menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, namun juga banyaknya cerita-cerita legenda yang turun menurun. Pantai ini berada di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, hanya sekitar 42 km dari pusat kota Kebumen.

Pantai pasir putih ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama dari atas bukit. Membuat siapapun yang memandang pastinya akan terpesona dikelilingi perbukitan dan tebing yang hijau dan asri, tak kalah dengan wisata populer lainnya yang ada di luar negeri.

Karena akses menuju wisata memang agak sulit, sehingga masih belum banyak orang yang mendatangi tempat ini. namun karena lokasinya yang masih sepi ini lah, sangat cocok bagi anda yang mencari wisata yang dapat menawarkan keheningan.

Selain menikmati pemandangan, anda juga bisa mengunjungi spot wisata lain seperti Tebing Bidadari, tanjung Karangbata, dan lainnya ataupun menikmati makanan laut yang langsung ditangkap nelayan setempat. Untuk tiket masuk, pantai ini hanya membebankan 2 ribu rupiah per orang nya saja jika anda ingin menikmati Pantai Menganti.

2. Goa Jatijajar

12 Tempat Wisata Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan

Wisata Goa ini tak hanya dikenal di wisatawan kebumen saja, namun juga banyak dikunjungi wisatawan dari daerah luar lainnya. goa ini terbentuk dari bebatuan kapur yang memiliki panjang hingga mencapai 250 meter.

Anda bisa emnemukan simbol goa berupa patung naga yang menjadi pintu masuk untuk ke dalam Goa. Disini ada sekitar 32 patung yang mengisahkan tentang Raden Kamandakan atau yang dikenal sebagai Lutung kasarung. Pemandangan patung-patung tersebut semakin eksotis berpadu dengan stalaktit dan stalakmit yang menggantung.

Selain itu, di dalam goa anda juga akan menemukan 4 mata air yang masing-masing nya memiliki kepercayaan tersendiri. Wisata goa ini buka setiap harinya pada pukul 8 pagi hingga 6 sore. Untuk tiket masuknya sendiri hanya sekitar Rp 8.000/orang nya saja. Jika anda berminat, anda bisa mendatangi Goa ini yang berada di jl Goa Petruk, Candirenggo, Ayah, Kebumen.

3. Goa Barat

12 Tempat Wisata Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan

Wisata goa lainnya yang menarik untuk anda jelajahi adalah Goa Barat. Meskipun Ga barat belum seramai seperti Goa jatijajar, namun anda bisa menyusuri keindahan yang ada di dalam goa yang masih alami ini. namun untuk menjelajahinya, anda membutuhkan peralatan khusus beserta pemandu agar mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Garut Jawa Barat

Pemandangan yang menakjubkan akan langsung anda lihat begitu memasuki mulut Goa Bara. Tampakan stalagmite dan stalagtit yang sangat indah ditambah lagi dengan beberapa air terjun yang begitu mengagumkan membuat pemandangannya semakin mempesona.

Di dalam Goa Barat ini, anda bisa menemukan air terjun yang dijuluki Superman’s Big sister karena aliran airnya yang begitu deras. Sehingga sangat cocok untuk peluangan caving yang menantang adrenalin. Jika anda ingin menikmatiw siaat Goa barat ini, anda hanya perlu mrogoh kocek sekitar Rp 30.000 saja. Goa Barat ini berad adi Jl, Pala Marta, jatijajar, Ayah, Kebumen.

4. Bukit Pentulu Indah

Banyak orang yang menyebut objek wisata ini sebagai “Kalibiru” Kebumen. Pesonanya memang begitu indah jika anda lihat dari atas ketinggian. Tak heran jika wisata ini sangat populer dan sangat sayang bagi anda untuk melewatkannya.

Lokasinya berada 21 km dari pusat kota, sehingga akses untuk menuju wisata Bukit Pentulu Indah ini sangat mudah. Panorama Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro ini menjadi sajian yang menjadi daya tarik utama dari atas bukit.

Kawasan ini juga dipenuhi dengan hutan pinus yang membuatnya semakin asri dan sejuk. Pemandangan akan sangat mempesona saat matahari terbit atau terbenam, apalagi jika anda menikmatinya dari atas gardu pandang.

Tempat wisata Kebumen ini berada di Jl Karangsambung, Kaligending, Kebumen. Untuk tariff masuknya sendiri juga cukup murah, hanya 2000 rupiah saja.

5. Pantai Logending Kebumen

Pantai Logending atau pantai Ayah ini menjadi salah satu wisata yang tak boleh terlewatkan saat anda mengunjungi Kebumen. Pantai yang berlokasi di Desa Ayah ini hanya berjarak 53 km saja dari pusat kota.

Meskipun anda akan melalui perjalanan yang jauh, namun semua hal tersebut akan terbayar sesampainya di Pantai Logending Kebumen ini. Pantai ini memang terkenal sangat indah, ditambah lagi perpaduan hutannya yang masih sangat alami. Anda juga bisa mencoba untuk berkeliling pantai dengan menyewa perahu wisata milik nelayan.

Di tempat wisata kebumen ini anda juga bisa melakukan berbagai macam hal, mulai dari bermain air, berkemah, bahkan menyicipi segala macam kuliner-kuliner laut yang lezat. untuk tariff masuknya, anda hanya dikenakan tiket masuk sekitar Rp 5.000/orang saja.

Namun jika anda ingin mengelilingi kawasan pantai dengan kuda, maka anda bisa merogoh kocek sebesar Rp 15.000. sedangkan untuk menyewa ATV, anda dapat membayar tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah.

6. Curug Silancur

Wisata curug di Kebumen ini memang masih belum terlalu ramai dikunjungi, namun keindahan alam yang ada di kawasan Curug Silancur ini tak perlu diragukan. Wisata ini memang agak sepi pengunjung dikarenakan akses nya yang memang sulit dicapai.

Namun bagi anda yang menyukai tantangan, tentunya hal ini akan menjadi keseruan tersendiri. Lokasi curug Silancur ini berada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung. Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter dan kemudian jatuh ke bebatuan purba yang ada di bawahnya, sehingga tidak terbentuk kolam air di bawah air terjun ini.

Untuk menikmati keindahan alam yang ada di Curug Silancur ini, anda hanya perlu membayar biaya parkir saja yaitu 5 ribu rupiah.

7. Pantai karang agung

Pantai ini memang cukup unik dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya karena disini anda mungkin tidak akan menemukan pasir pantai. Namun keunikan inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri yang membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai ini emmang lebih banyak didominasi karang-karang yang kokoh berdiri di bagian pinggir pantai. Pantai karang agung ini memang belum ramai dikunjungi wisatawan, sehingga anda bisa merasakan suasana alam yang begitu hening dan menenangkan.

Bagi anda yang tertarik mengunjungi pantai ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah saja dan tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir. Jika anda berkeinginan untuk berkunjung ke pantai ini, anda bisa datang ke Desa Karang Dubur, Kec. Ayah, Kebumen.

8. Benteng Van Der Wijck

Kebumen juga memiliki wisata sejarah yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Benteng Van Der Wijck. Bangunan benteng ini bisa anda temukan di Kec. Gombong yang jaraknya hanya 35 km dari pusat kota.

Benteng ini dicat dengan warna merah yang cukup mencolok di awal-awal pembangunan. Jika dahulunya bangunan ini dijadikan sebagai barak militer untuk meredam perlawan dari pasukan diponegoro, namun kini bangunan ini menjadi wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, sebagian komplek dari Benteng Vander Wijck ini juga dijadikan barak militer TNI Ad dan Sekolah calon Tamtama. Jika anda berminat mengunjungi wisata yang penuh sejarah ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 saja.

9. Pantai Karang Bolong kebumen

Siapa yang tidak mengenal pantai yang cukup populer ini? pantai kekinian ini menjadi wisata di Kebumen yang sangat sayang jika sampai anda melewatkannya.

Pantai Karang Bolong ini berada di Kecamatan Buayan. Disini anda bisa melihat bukit-bukit tinggi yang mengelilingi kawasan Pantai Karang Bolong. Suasana pantai semakin nyaman dengan adanya deretan pohon kelapa yang berjejeran. Jika anda kelaparan, maka anda bisa singgah di warung-warung yang berada di pinggiran pantai.

Untuk tiket masuk Pantai karang Bolong ini, anda hanya dikenakan biaya sekitar 3 ribu rupiah saja. Hal unik yang ada di wisata ini adalaha dna bisa menemukan hunian burung wallet yang berada di dalam Goa.

10. Bukit Langit

Destinasi wisata ini memang masih terbilang baru, sehingga belum diketahui informasi pasti mengenai berapa harga tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan alam di dalamnya. Lokasi wisata Bukit langit ini memang cukup menarik.

Terutama saat matahari mulai terbir dan terbenam, anda bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan di tempat ini. menariknya, pengunjung yang datang juga dapat berkemah sembari menunggu pemandangan matahari terbit. Lokasi Bukit Langit ini berada di Jl Karanganyar, Giripurno, Kebumen.

11. Laguna Pantai Bopong

Salah satu daya tarik istimewa yang ada di wisata ini adalah keindahan alam lagun yang memang lokasinya tak terlalu jauh dari wisata pantai Bopong.

Tempat wisata Kebumen ini dikelilingi oleh lembah dan bukit-bukit yang ditumbuhi panda berduri dengan kelokan sungai kecil. Laguna ini berada tepat 400 meter di sebelah timur pantai Bopong.

Selain itu anda juga bisa menemukan gumuk pasir, jembatan, dan gardu pandang yang merupakan fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola setempat.

Aliran sungainya yang jernih dan meliuk-iuk membuat suasana nya semakin menarik. Anda bisa menikmati hal ini semua dengan tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja.

12. Patemon Watu Pawon

Meskipun terbilang masih baru, namun daya pikat wisata ini tidak bisa terbantahkan. Meskipun masih kurang fasilitas-fasilitas yang tersedia, akan tetapi masyarakat setempat terus berusaha mengembangkannya. Pantai ini berada tepat diatas bukit yang dihiasi bebatuan karang.

Pemandangan yang dapat anda lihat dari atas bukit ini benar-benar memanjakan mata. Selain itu, anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari gugusan pantai timur, goa-goa, hingga pegunungan Gunung Kidul.

Wisata pantai Kebumen ini berada di Desa Pasir, Ayah, Kebumen yang hanya dikenakan biaya masuk 5000 rupiah saja.

Demikian informasi 12 Tempat Wisata 12 Tempat Wisata Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan. Jika nanti berkunjung ke Kebumen, silahkan saja mampir ke salah satu tempat wisata di atas. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*